23 Jan 2020, 9:20 WIB | Berita, Berita Umum, Headline

Semarak HUT OKU Timur Ke-16

Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun OKU Timur Ke-16 maka Pemerintah OKU Timur mengadakan beberapa Kegiatan diantaranya Lomba panjat pinang dan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk. Lomba panjat pinang ini diikuti oleh masyarakat umum yang dibagi menjadi tiga kategori panjat pinang yaitu kategori bapak-bapak, ibu-ibu dan juga anak-anak.

Panitia Hari Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah menyiapkan 16 Batang Pinang yang mana jumlah batang pinang ini menyimbolkan Hari Ulang Tahun Kabupaten OKU Timur yang Ke-16. Lomba Panjat Pinang ini diadakan di Halaman Rumah Dinas Bupati OKU Timur pada sore hari (17/1/2020).

16 Batang Pinang disiapkan oleh panitia dan masyarakat OKU Timur sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan dan diadakan setiap tahunnya.

Setelah selesai acara panjat pinang kemudian di malam harinya dilanjutkan lagi dengan Pagelaran Wayang Kulit yang juga diadakan di Halaman Rumah Dinas Bupati OKU Timur pada hari Jum’at (17/1/2020) malam.

Pada acara wayang kulit tersebut Pemerintah Kabupaten OKU Timur mengundang Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas yang berasal dari Klaten Jawa Tengah dan Ki Bayu Aji Pamungkas merupakan anak dari dalang kondang Ki Anom Suroto.

Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas mengambil tema Dewa Ruci dalam cerita lakon tersebut, diceritakan Bima Suci (Dewa Ruci) memberikan gambaran yang jelas mengenai hubungan harmonis antara rakyat dan penguasa, yang diperankan oleh Bima atau Aria Werkudara dan Dewa Ruci.

Dalam Cerita ini mengandung perenungan mendalam tentang asal dan tujuan hidup manusia dan menjawab kerinduan hidup dalam perjalanan rohani untuk bersatu dengan Sang Pencipta.

Menurut koordinator acara, pagelaran wayang kulit ini sebagai upaya pelestarian kesenian dan budaya Jawa di Kabupaten OKU Timur.

Pagelaran wayang kulit ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M. beserta istri, Bupati OKU Timur H.M. Kholid MD, S.Sos., M.Si., unsur Forkopimda Kabupaten OKU Timur, serta masyarakat yang sangat antusias untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit.

Selain acara wayang kulit, juga terdapat kuliner jajanan gratis. Masyarakat yang hadir bisa memilih makanan yang tersedia dengan cuma-cuma. Beberapa jajanan gratis yang disediakan yaitu Somai, Bakso, Mie Ayam, Jagung Bakar, Kacang Rebus dan lain-lain.