24 May 2016, 4:35 WIB | Artikel, Serba-serbi

TIPS MENANAM CABAI SENDIRI

 

Harga Cabai yang terus melonjak belum lagi pengaruh cuaca yang tak menentu mebuat harga cabai semakin menjadi-jadi. Tetapi kita tidak perlu risau ataupun kecewa ! karma kita bisa menanam cabai sendiri di pekarangan rumah ataupun di sawah yang sedang tidak kita gunakan yaitu :

A.    Persiapan Lahan

         Musim tanam yang baik untuk menanam cabai yakni awal musim kemarau atau akhir musim hujan. Nah khusus untuk petani cabai yang sudah memiliki lahan seperti sawah bisa dibuat gundukan tanah (Tumpukan tanah yang sengaja dibuat petani untuk menanam sayuran ataupun cabai) selebar 100 s.d 120 Cm, tingginya 40 s.d 50 cm dan parit antar bedengan selebar 4 s.d 50 cm.

 B.     Pemupukan

         Setelah lahan barulah kita bisa membuat lubang tanam dengan jarak (50 s.d 70 cm) x (40 s.d 60 cm). setelah selesai membuat lubang kita lakukan pengapuran apabila PH tanah <6,5 dengan menaburkan dolamit pada gundukan tanah yang kita buat tadi. Dan jangan lupa taburkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar pada gundukan tersebut (20 s.d 25 t/ha).

 C.    Penutupan tanah dengan mulsa jerami

         Musa jerami dipasang pada permukaan bidang olah setelah dilakukan pemupukan awal (pupuk kandang, TSP dan KCI atau Dolamit) setebal kira-kira  1 s.d 2 cm, sedangkan plastik hitam perak dipasang dan diikuti pembuatan lubang tanam dengan bantuan alat pelubang khusus setelah selesai tinggal kita masukkan saja bibit cabai yang akan di tanam ke lubang yang telah kita buat.

 

Demikian tips budidaya cabai ini semoga bermanfaat. (Wij)

 

Sumber : www.budidayacabai.go.id