29 Apr 2016, 8:31 WIB | Artikel

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke- XX Tahun 2016 di Kabupaten OKUT

w 2a081d8c-3943-41bc-9cdb-8f99ec766706Martapura –  Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-XX Tahun 2016 tanggal 25 April 2016, Bupati OKU Timur KH. Kholid Mawardi selaku Inspektur Upacara menyampaikan Amanat dari Menteri Dalam Negeri di Lapangan Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Dalam kata sambutan Menteri Dalam Negeri yang disampaikan oleh Bupati OKU Timur menegaskan seluruh Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota agar kebijakan  “NAWACITA atau Sembilan Agenda Prioritas Pemerintah Kabinet Kerja” harus menjadi rujukan dalam menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah ( RPJMD ) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ), serta harus mampu dilaksanakan secara efektif.

Penetapan Peringatan Hari Otonomi Daerah secara Nasional setiap tanggal 25 April didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah. Adapun yang menjadi tujuan dari peringatan Hari Otonomi Daerah adalah untuk memasyarakatkan dan memantapkan Otonomi Daerah di setiap tingkatan pemerintah, mulai dari pusat sampai dengan daerah.

Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XX Tahun 2016 adalah Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ). Salah satu dari makna tema tersebut diantaranya seluruh Pemerintah Daerah harus menata seluruh elemen Otonomi Daerah, agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas tersebut. Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA ) diberlakukan 5 Arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar negara ASEAN yaitu :

  1. Arus Bebas Barang
  2. Arus Bebas Jasa
  3. Arus Bebas Tenaga Kerja Terampil
  4. Arus Bebas Modal
  5. Arus Bebas Investasi

Bupati OKU Timur juga menyampaiakan dalam acara tersebut bahwa berdasarkan laporan World Economic Forum ( WEF ) dalam Global Competitiveness Tahun 2015-2016, dari hasil survey peringkat daya saing 144 Negara, daya saing Indonesia berada pada peringkat ke-37, masih berada dibawah Negara ASEAN lainnya seperti Singapura ke-2, Malaysia ke-18 dan Thailand ke-31.

Dalam rangka Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-XX ini, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melaksanakan Upacara guna memperingati hari tersebut. Seluruh Kepala Badan, Dinas, dan Kantor ikut serta dalam upacara tersebut. Dan peserta upacara itu sendiri dihadiri oleh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Kabupaten OKU Timur