5 Apr 2017, 12:42 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Wakil Gubernur Buka Sosialisasi GT-PPTPPO

Faktor kemiskinan dan rendahnya pendidikan pemicu TPPO

ishaq mekiRabu 05 April 2017, Pemerintah Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ) yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Ishak Mekki MM di Gedung Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi dalam kata sambutan mengenai Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ) Kabupaten OKU Timur menyampaikan beberapa factor pendukung terjadinya Human Trafficking atau Perdagangan Orang diantaranya kemiskinan, krisis ekonomi, kurangnya pendidikan dan lnformasi, kultur budaya yang menempatkan posisi perempuan yang lemah dan anak yang harus menuruti kehendak orang tua dan tradisi pernikahan dini.

Dari data Komisi Perlindungan Anak Indonesia bahwa angka perdagangan anak tahun 2015 tercatat sebanyak 860 kasus yang dilaporkan.

Bupati OKU Timur berharap melalui kegiatan Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ) Kabupaten OKU Timur ini dapat menekan tindak perdagangan orang terhadap perempuan dan anak di Kabupaten OKU Timur.

Selanjutnya kegiatan Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ) Kabupaten OKU Timur di lakukan paparan dan sesi tanyajawab dari narasumber.

Adapun narasumber pada Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ) Kabupaten OKU Timur ini mengusung materi Perlindungan Hukum terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang. Dalam hal ini menjadi narasumber adalah Siti Rachmiyatun SH M.Hum. selaku Dosen tetap Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang dan narasumber kedua membawa materi Inflementasi Kebijakan Pencegahan dan Penanganan Sosialisasi Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang ( GT-PPTPPO ). Dalam hal ini yang menjadi narasumber adalah Ir Hj Agung Mildasanty Mustafa MM. selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas PP dan RA Provinsi Sumatera Selatan. (Diskominfo/fikri)