11 Nov 2019, 8:18 WIB | Berita, Headline

Wayang Semalam Suntuk

Para jago dalang kumpul tak tangung-tanggung 4 ( empat ) dalang sekaligus,mereka adalah Ki Dalang Gunadi, Ki Dalang Jansen Tri Susanto, Ki Dalang Sumadi dan Ki Dalang Budi Cuk, serta menghadirkan juga bintang tamu Rabies, Wiski dan Tumpuk.
Pagelaran wayang semalam suntuk tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dengan Polres OKU Timur dan Ikatan Dalang Indonesia (IDI) mengadakan pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk, bertempat di Lapangan Kantor Camat Buay Madang Timur, Kamis (7/11/2019) malam.

Wakil Bupati OKU Timur Feri Antoni dan jajaranya turut hadir dalam acara tersebut. Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, acara pagelaran wayang kulit ini dalam rangka memperingati muulid Nabi Muhammad S.A.W. Nabi Muhammad SAW .
“Ketauladanan Nabi Muhammad SAW harus menjadi contoh bagi kita semua, hikmah dan suri tauladan bagi kita umatnya.Untuk itu Wabup mengajak agar terus meneladani jujungan besar nabi Muhammad SAW.

Dalam sejarah penyebaran Islam di Indonesia tidak terlepas dari peranan para Wali yaitu wali songo. Pada saat itu agar ajaran islam bisa diterima dengan mudah oleh masyarakat. Maka salah satu wali yakni Sunan kali jaga kala itu melakukan pendekatan budaya yaitu menggunakan saranan wayang kulit dalam dakwahnya

Untuk itu pemerintah Kab Oku Timur memberikan apresiasi atas pegelaran seni di OKU Timur, ujar Fery Antoni