3 Apr 2021, 6:04 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

DPPKB Mulai Pendataan Keluarga

OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) telah memulai pendataan keluarga pada tanggal 1 April hingga 31 Mei mendatang, tahap pertama dilakukan pendataan pada keluarga Bupati OKU Timur H. Lanosin di Rumah Dinasnya. Kamis (1/4/2021).

Data masyarakat  penting bagi Pemerintah dalam menyediakan basis data keluarga agar menghasilkan data keluarga, data individu by name by address untuk menjadi peta sasaran intervensi program akan ditelusuri dari tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Basis data ini menghasilkan profil Pasangan Usia Subur (PUS). Keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia yang tidak tersedia lengkap pada sumber data manapun. Kecuali melalui pelaksanaan pendataan keluarga.” Ujar Mutmainah, S.E., M.M.Kadis DPPKB, Kamis pagi (1/4/2021).

“Dalam pendataan keluarga agar dapat menghasilkan data yang berkualitas mulai dari proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, serta pemanfaaatan data dan infromasi kependudukan dan keluarga, sehingga data menjadi valid, relevan dapat dipertanggung jawabkan sebagai dasar perencanaan kebijakan, pelaksanaan operasional program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya.” Harapnya.

“Dalam pendataan banyak hal yang menjadi syarat ataupun kriteria. Ada 14 variabel kependudukan, meliputi anggota keluarga, nama, NIK, jenis kelamin dan lainnya. Kemudian ada 9 variabel keluarga berencana, seperti jumlah anak, sumber mendapat pelayanan KB dan lainnya. ditambah lagi 32 variabel pembangunan keluarga, yang nantinya dibagi dengan rumus ketentraman, kebahagian dan kenyamanan,” Jelasnya.

Sementara, Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah, S.T., menghimbau kepada OPD terkait, Camat, Kades dan Lurah serta Perangkat Desa agar mendukung pelaksanaan pendataan Keluarga Berencana agar tetap disosialisasikan pada masyarakat.

”Bahwa dalam pelaksanaan nantinya akan ada petugas DPPKB yang akan mengunjungi untuk melakukan pendataan keluarga, dari rumah ke rumah melalui wawancara dan observasi.” Ungkap Enos usai  pendataan Tim DPPKB, dirumah dinasnya.

“Ayo kita bersama untuk sukseskan pendataan keluarga tahun 2021  khususnya OKU Timur, Enos serukan momentum ini, “cukup dua anak itu keren dan sehat.” Pungkasnya. (Joni, Tim Humas Diskominfo OKU Timur).