22 Jun 2021, 5:34 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

PPID Sumsel Ingin Bentuk PPID Desa

Martapura – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Sumatera Selatan inginkan dibentuknya PPID di Desa. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam memberikan informasi dan dokumentasi bagi aparat desa, hal ini diungkapkan saat PPID Sumsel dan PPID OKU Timur melakukan audensi dengan Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., Senin 21 Juni 2021.

Kasi Pelayanan Media Informasi Publik Pemerintah Provinsi Sumsel, Azim Baidillah, S.H., M.H., mengatakan selama ini PPID Sumsel melakukan penilaian atau monitoring dari pusat untuk pelayanan keterbukaan informasi publik dan untuk Provinsi Sumsel melakukan penilaian melakukan standar pelayanan informasi.

Azim mengatakan, standar layanan untuk Kabupaten OKU Timur sudah sangat baik, dan direncanakan akan mendapatkan  award dari PPID.

“Saat ini PPID Desa harus segara di bentuk, dan PPID desa bertanggung jawab kepada Bupati, PPID  bertangung jawab kepada Bupati karena sering terjadinya sengketa  informasi,” kata Azim

Sementara itu Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., mengatakan untuk teknis pembentukan  PPID Desa silahkan sesuai aturan yang ada.

“Lebih bagus kalau PPID Desa diatur dalam Perdes masing-masing baik masalah tugas dan fungsi sampai honor petugas PPID Desa,” kata Bupati OKU Timur.

Bupati OKU Timur mengatakan, untuk kepala desa harus terbuka mengenai informasi desa tapi ingat kepala desa terikat akan sumpah dan janji untuk memegang rahasia negara.

Bupati Lanosin juga menyarankan agar PPID Provinsi membuat pelatihan untuk PPID Desa agar aparat desa mengerti tentang keterbukaan dan pengelolaan informasi.

(Tim Humas Diskominfo OKU Timur).